Searching

Loading

Selasa, 26 Juni 2012

Makalah Resume Mata kuliah Komputer Terapan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Computer terapan merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah computer dasar. Dalam mata kuliah ini akan diajarkan tentang software yang berhubungan dan berkaitan dengan ilmu gizi seperti Nutrisurvey, Nutriclin, FFQ, Epidata, WHOantro dan SPSS.
1.2     Tujuan
Tujuan praktek computer terapan ini adalah :
a.       Mahasiswa mampu mengolah data konsumsi makanan
b.      Mahasiswa mampu mengukur  apakah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang cukup/sesuai dengan kebutuhan
c.       Mahasiswa mampu mengentri data
d.      Mahasiswa mampu melakukan cleaning data






BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Nutrisurvey
Nutrisurvey adalah salah satu software yang berfungsi untuk mengolah data konsumsi makanan. NutriSurvey adalah terjemahan bahasa inggris dari perangkat lunak gizi profesional jerman (EBISpro). Ini berisi semua fungsi yang berguna yang khas untuk jenis perangkat lunak (analisis gizi dan perhitungan kebutuhan energi, perencanaan diet, Sejarah Diet, Frekuensi Makanan, mencari nutrisi dalam makanan, penanganan resep).
2.2     Nutriclin
Nutriclin merupakan software yang juga digunakan dalam bidang pergizian.
Menu yang terdapat pada nutriclin adalah :
2.2.1      Menu Data Statik
Mengisi Tabel Konselor, di sini harus diisi nama konselor dan dokter yang merujuk. Tabel Konselor juga dapat diisi saat Memasukkan Data Transaksi Konseling. Setiap selesai mengisi/memasukkan diakhiri dengan “enter”.
Pertama, Masukkan Id atau Kode dari Ahli Gizi, misalnya AG01, lalu ketikkan namanya.
Kedua, Masukkan Id atau Kode dari Dokter yang merujuk, misalnya D001, lalu ketikkannamanya.
Ketiga, Masukkan Job Title atau Pekerjaan, misalnya Ahli Gizi atau Dokter Spesialis.
Keempat, Masukkan nomor telepon lalu alamat e-mail jika ada.
Kelima, Simpan Data tersebut dengan menekan icon disket (save document) pada kotak menu sebelah kanan, lalu klik icon Exit.
Data Statik yang penting juga untuk diisi oleh konselor adalah Tabel Bahan Makanan Penukar yang dapat disesuaikan dengan makanan masing-masing daerah. Data Statik lain yang dapat diisi adalah Komposisi Bahan Makanan dan Jenis Diet.
2.2.2      Menu Konseling.
Menu konseling terdiri dari : Kajian Gizi, Anamnesa Diet, Data Lab Pasien,  Kajian Diet, Jenis Diet, dan Pembagian Makanan Sehari.

2.3    Food Frequency Questioner
Penilaian asupan makanan merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan oleh ahli gizi yang bertujuan untuk mengukur  apakah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang cukup/sesuai dengan kebutuhannya atau tidak, jika hasilnya tidak sesuai dengan kebutuhannya, maka kemungkinan terjadinya kekurangan gizi sangat besar. Salah satu cara menilai asupan makanan individu yaitu dengan menggunakan kuesioner frekuensi makanan (Food Frequency Questioner).
2.4    Epidata dengan SPSS
Epidata merupakan software yang berfungsi untuk mengentri data yang nantinya akan bisa dipindahkan dan diolah dengan menggunakan software lain yaitu SPSS.
Pada software SPSS kita bisa mengolah data yang telah dientrikan pada epidata yang sebelumnya sudah digabungkan secara keseluruhan. Di SPSS kita bisa mengkategorikan data, menggabungkan field-field dalam sebuah penelitian. Di SPSS kita juga bisa melakukan analisa data dan uji statistic.
WHO Antro2005 adalah sebuah software dimana kita bias mengentri data antropometri status gizi berupa nilai-nilai ZScore seperti (WHZ (BB/TB), HAZ (TB/U), HAZ (BB/U) dan MAZ (BMI/U).
Dari WHO Antro 2005 kita dapat memindahkan dan mengolah data dengan menggunakan software SPSS, untuk melakukan itu semua agar  data hasil olah Anthro2005 dapat diolah dengan SPSS.
Pertama, entri data parameter antropometri menggunakan software WHO Anthro 2005.
Kedua, mengekspor data ke format data Excel, klik sel yang berada pada kiri atas rampilah Anthro 2005, setelah semua terblok, klik icon copy to clipboard. Buka Excel, lalu pastekan pada sel A1.
Ketiga, mengedit nama field.
Keempat, memvalidasi umur dengan cara letakkan kursor pada sel disebelah Age (yang sudah disiapkan sebelumnya dengan insert colum), kemudian masukkan fungsi : =INT(range()), blok semua isi kolom disebelah kiri, kemudian akhiri fungsi dengan tutup kurung, dan Enter. Umur yang dihasilkan sudah dalam bentuk integer, naun masih dalam fungsi (perhitungan).
Kelima, simpan file Excel dan beri nama pada file yang berada pada sheet 1. Tutup Microsoft Excel dan Buka SPSS.
Keenam, membaca file dengan Excel dengan cara, Pilih File,Open dan pilih type file Microsoft Excfel (xls) kemudian buka data Excel yang disimpan. Data akan terbuka dalam format SPSS.
Setelah Anda mendapatkan sebuah file berformat SPSS (.SAV), langkah berikutnya adalah menggabung field-field hasil olah antropometri dengan field lain dalam sebuah penelitian. Field yang dihasilkan dari olah Anthro2005 adalah field status gizi berupa nilai-nilai ZScore seperti (WHZ (BB/TB), HAZ (TB/U), HAZ (BB/U) dan MAZ (BMI/U). Selanjutnya field status gizi akan diklasifikasikan menjadi Kategori Status Gizi berdasarkan SK Menkes No. 920/Menkes/SK/VIII/2002.



BAB III
PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Jadi dalam bidang atau ilmu pergizian, kita dapat menggunakan beberapa software diatas untuk melakukan pengukuran, pengentrian, dan pengolahan, serta cleaning data tentang penilaian terhadap konsumsi makanan dan juga penilaian status gizi. Nutrisurvey adalah salah satu software yang berfungsi untuk mengolah data konsumsi makanan. Nutriclin adalah software yang didalamnya terdapat menu data statistik dan menu konseling. Kuesioner frekuensi makanan (Food Frequency Questioner) adalah software yang berfungsi untuk melakukan penilaian asupan makanan individu. Epidata merupakan software yang berfungsi untuk mengentri data yang nantinya akan bisa dipindahkan dan diolah dengan menggunakan software lain yaitu SPSS. WHO Antro2005 adalah sebuah software dimana kita bias mengentri data antropometri status gizi berupa nilai-nilai ZScore seperti (WHZ (BB/TB), HAZ (TB/U), HAZ (BB/U) dan MAZ (BMI/U). Dari WHO Antro 2005 kita dapat memindahkan dan mengolah data dengan menggunakan software SPSS, untuk melakukan itu semua agar  data hasil olah Anthro2005 dapat diolah dengan SPSS.

4 komentar:

  1. Buat sub bab menurut aplikasi, jangan campur aduk. bab 2 Aplikasi yang Dibahas, lalu buat 2.1 Nutrisurvey, 2.2 Nutriclin dan seterusnya. Terakhir pada bab penutup buat ringkasan masing2 software yanh dibahas pada bab 2. kalo sduah selesai, nanti saya lihat lagi.

    BalasHapus
  2. Ini berwrti baru resume dari materi Nutriclin kan. bukannya judulnya resume Komputer teraoan ?, mana yg benar. kalo hanya Nutriclin, judulnya yg diganti, twpi kalo judul benar maka harus ditambahkan materi lain spt Epidata, SPSS dan WHO Anthro2005

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pak, materi tentang epidata, SPSS dan who antro2005 ada tertera di pembahasan 2.3, 2.4 dan 2.5 pakk...

      Hapus